BETON PRECAST'




BAB I
PENDAHULUAN


1.1         Latar Belakang
   

 Perkembangan industri infrastruktur dunia saat ini mengalami kemajuan yang pesat khususnya di Indonesia, industri konstruksi di Indonesia sudah sangat berkembang. Tidak hanya menitik beratkan pada segi kekuatan dan kestabilan struktur, namun juga sangat memperhatikan segi ekonomis, praktis, dan ketepatan waktu. Precast yang berbahan dasar dari beton merupakan bahan bangunan yang banyak dipilih oleh para ahli struktur. Sistem pracetak zaman modern berkembang mula-mula di negara Eropa. Struktur pracetak pertama kali digunakan adalah sebagai balok beton pracetak untuk Casino di Biarritz, yang dibangun oleh kontraktor Coignet, Paris 1891. Pondasi beton bertulang diperkenalkan oleh sebuah perusahaan Jerman, Wayss & Freytag di Hamburg dan mulai digunakan tahun 1906. Tahun 1912 beberapa bangunan bertingkat menggunakan sistem pracetak berbentuk komponen-komponen, seperti dinding, kolom, dan lantai diperkenalkan oleh John.E.Conzelmann.

 Pemakaian beton pracetak (pre-cast) dalam perencanaan struktur gedung merupakan salah satu alternatif untuk mencapai hal tersebut. Beton pracetak telah dikenal luas di Indonesia sebagai pengganti sistem beton konvensional. Beton pracetak ini tidak dicetak di tempat konstruksi seperti metode konvensional, melainkan dicetak di tempat pabrikasi, lalu dibawa ke lokasi ( transportasi/langsir) untuk disusun atau dirangkai menjadi suatu struktur utuh (evection). Hal ini menjadikan mutu dari beton pracetak dapat terjaga dengan baik karena dikerjakan di pabrik. Selain itu, waktu pelaksanaan yang cepat, biaya pembangunan yang lebih murah, ramah lingkungan, dan pengaruh cuaca yang diminimalkan menjadikan sistem beton pracetak ini dikatakan lebih terkontrol, cepat, dan efisien baik segi biaya maupun waktu. 

Persaingan ekonomi yang semakin ketat dewasa ini, dimana gedung merupakan salah satu sarana untuk melaksanakan kegiatan perekonomian, dituntut untuk semakin cepat di dalam proses pelaksanaan konstruksinya terutama untuk bangunan – bangunan komersial seperti : Hotel,Kantor, Pusat Perdagangan dan Bangunan komersial lainnya, karena kecepatan pelaksanaan pekerjaan berarti pula kecepatan di dalam pengembalian investasinya.

Kemajuan teknologi dan faktor efisiensi waktu menjadi prioritas utama dalam pelaksanaan proyek konstruksi, maka banyak upaya dilakukan untuk menuju ke arah itu, antara lain berupa penerapan “Beton Precast (Beton Pracetak)” sebagai komponen struktur bangunan. Penggunaan “Beton Precast (Beton Pracetak)” juga merupakan tantangan industrialisasi yang menuntut hasil kerja yang efisien,efektif, bermutu dan ekonomis. Selain itu dengan system pracetak pengendalian kualitas tiap proses produksi komponen beton pracetak lebih mudah dilakukan sehingga dihasilkannya struktur bangunan dengan presisi tinggi, keuntungan lain yang dimiliki beton pracetak adalah sebagai metode konstruksi masa depan dengan dibuatnya komponen struktur bangunan secara manufacturing membuat materi beton menjadi lebih murah dan juga memotivisir daya inovatif dalam desain dan metode pelaksanaannya. Selain keuntungan penggunaan beton precast juga memiliki kelemahan yaitu adanya tambahan untuk transportasi saat memindahkan beton dari pabrik ke lokasi konstruksi. Biaya untuk pemindahan ini tentunya tidak sedikit, apalagi bila beton yang diangkut dalam jumlah banyak.



1.2         Batasan Masalah

       Pembahasan mengenai beton pra cetak (Pre Cast) memerlukan pembatasan variabel permasalahan yang akan diangkat pada sebuah karya ilmiah, agar dapat dilakukan lebih fokus dan mendalam. Oleh karena itu penulis membatasi permasalahan hanya berkaitan dengan “ Maksud dari beton tersebut, material konstruksi yang digunakan,sifat fisik beton,kelebihan dan keuntungan penggunaan, pemanfaatan beton di kehidupan sehari-hari.

1.3        Rumusan Masalah

Berdasarkan batasan masalah yang telah penulis pilih maka dapat dirumuskan permasalahan penelitian ini sebagai berikut:
1.    Apa yang dimaksud dengan Beton Pre Cast?
      2.  Bagaimanakah material konstruksi yang digunakan pada beton Pre Cast?
      3.  Bagaimanakah sifat fisik dari Beton Pre Cast? 
      4. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari beron Pre Cast?
      5. Bagaimanakah pemanfaatan beton Pre Cast?


1.4         Tujuan

1.   Untuk mengetahui apa itu beton Pre Cast.           
      2.  Untuk mengetahui bagaimana material yang digunakan pada beton Pre Cast.
      3.  Untuk mengetahui bagaimana sifat fisik dari beton Pre Cast.
      4.  Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan beton Pre Cast.
      5.  Untuk mengetahui pemanfaatn dari beton Pre Cast.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 1. RISET OPERASI

(Artikel 1) Terminal 3 Soekarno-Hatta