EKONOMI TEKNIK ( ENGINEERING ECONOMIC )

EKONOMI TEKNIK


           1.      PENGENALAN EKONOMI TEKNIK

Ekonomi teknik adalah disiplin ilmu yang berkaitan dengan aspek ekonomi seperti penentuan faktor-faktor dan kriteria ekonomi yang digunakan ketika satu atau lebih alternatif dipertimbangkan untuk dipilih dalam menyelesaikan suatu masalah di bidang teknik. Bisa juga dikatakan bahwa ekonomi teknik adalah sekumpulan teknik matematika yang menyederhanakan perbandingan ekonomi dalam suatu kasus di bidang teknik. Ilmu ekonomi tidak pernah lepas dari ilmu teknik, terutama dalam perancangan dan penerapannya di masyarakat. Asal mula ekonomi teknik pertama kali ditekuni oleh Arthur M. Wellington. Pada akhir abad ke-19, seorang insinyur sipil bidang keahlian bangunan jalan kereta api di Amerika Serikat.
Bidang studi ekonomi teknik berurusan dengan evaluasi sistematis, terhadap manfaat dan biaya dari proyek-proyek yang melibatkan rancangan dan analisis keteknikan. Dengan kata lain, ekonomi teknik mengkuantifikasi manfaat-manfaat dan biaya-biaya sehubungan dengan suatu proyek untuk menentukan apakah proyek ini menghasilkan cukup banyak uang untuk memberikan investasi modal. Jadi ekonomi teknik melibatkan analisis teknik yang bertujuan membantu pengambilan keputusan.
Analisa ekonomi teknik melibatkan pembuatan keputusan terhadap berbagai penggunaan sumber daya yang terbatas (manusia,uang,mesin,kesempatan, waktu saat menggunakannya. dll). Konsekuensi terhadap hasil keputusan biasanya berdampak jauh ke masa yang akan datang, dimana konsekuensinya tidak dapat diketahui secara pasti. Sehingga penting untuk mengetahui beberapa hal berikut:
1)      Prediksi kondisi masa yang akan datang.
2)      Perkembangan teknologi.
3)      Sinergi antara proyek-proyek yang didanai, dll.


           2.      PRINSIP – PRINSIP EKONOMI TEKNIK

1)    Membuat alternatif (keputusan)
Pemilihan keputusan diantara alternatif-alternatif perlu diindentifikasi dan didefinisikan untuk analisis selanjutnya.
2)   Fokuskan pada perbedaan – perbedaan
Jika semua alternatif layak maka tidak diperlukan perbandingan.
3)   Gunakan sudut pandang yang konsisten
Alternatif yang sudah dihasilkan harus dikembangkan secara konsisten dari sudut pandang yang telah didefinisikan.
4)   Gunakan satu ukuran umum
Dengan menggunakan satu pengukuran yang umum akan memudahkan analisis dan perbandingan alternatif yang tepat.
5)   Pertimbangkan kriteria yang relevan
6)   Membuat tugas suatu ketidakpastian
Ketidakpastian terkadang langsung memperkirakan hasil alternatif di masa depan.
7)   Tinjau kembali keputusan-keputusan anda
Hasil yang diperkirakan semula dari alternatif terpilih secara berturut-turut harus dibandingkan dengan hasil sebenarnya.

             3.       KONSEP – KONSEP DASAR EKONOMI TEKNIK 

           Kelayakan suatu investasi  ditentukan  oleh  perbandingan  antara  hasil  investasi  yang diperoleh  terhadap  biaya  modal  yang  harus  dikeluarkan.  Untuk  dapat memahami  metode  evaluasi  investasi  diperlukan  pemahaman  tentang konsep bunga, konsep nilai waktu dari uang dan konsep keekivalenan.

A.     KONSEP BUNGA
                                i. Bunga Sederhana, Apabila bunga total yang dikenakan berbanding linier dengan besarnya pinjaman  awal,  tingkat suku  bunga  dan  periode  waktu,maka  tingkat bunga tersebut dikatakan sederhana.  
                                  ii Bunga Majemuk Apabila  bunga  yang  dibebankan  untuk  setiap  periode  (satu tahun, misalnya) didasarkan pada sisa pinjaman pokok ditambah setiap beban bunga  yang  terakumulasi  sampai  dengan  awal  periode  itu,  bunga  itu disebut bunga majemuk atau bunga berbunga (compound interest),dll.
B.     KONSEP NILAI WAKTU DARI UANG
Apabila seseorang diminta untuk memilih apakah mendapatkan Rp  1.000,00  (Seribu  rupiah)  pada  hari  ini  atau  Rp  1.000,00  (Seribu rupiah)   sebulan   kemudian   sudah   tentu   orang   tersebut   akan   lebih menyukai  mendapatkan  Rp  1.000,00  (seribu  rupiah)  pada  hari  ini. Preferensi individu tersebut menunjukkan adanya nilai waktu dari uang.
Nilai waktu dari uang dapat diuraikan sebagai berikut :
1.     Seseorang  tentu  lebih  menyukai  memperoleh  Rp  1.000,00  (seribu rupiah) hari ini daripada Rp 1.000,00 (Seribu rupiah) bulan depan. 

2.   Preferensi ini disebabkan oleh : Nilai Rp 1.000,00 (Seribu rupiah) sekarang lebih besar dari nilai Rp1.000 (seribu rupiah)  bulan depan.
C.    KONSEP KEEKIVALENAN
Untuk  lebih  memahami  mekanisme  bunga  dan  untuk  memperluas pengertian  mengenai  keekivalenan  ekonomi,kita perhatikan  suatu  keadaan yang   pada   keadaan   ini   kita   meminjam   Rp.1.000.000,-   dan setuju   untuk membayar kembali dalam waktu 5 tahun pada tingkat bunga 15 % per tahun. Berangkat dari pengertian nilai waktu dari uang, secara teoritis dikenal empat metode dasar pembayaran kembali kredit pinjaman.

            4.       APLIKASI ‒ APLIKASI EKONOMI TEKNIK 

 Bunga  dan  hubungan  uang-waktu  yang  telah  dibahas  sebelumnya adalah  bahan-bahan  mendasar  untuk  menjawab  pertanyaan  ini  dan  mereka diterapkan pada banyak tipe persoalan yang berbeda. Dikarenakan  pola  investasi  modal,  pendapatan   (atau  penghematan) arus kas, dan pengeluaran arus kas dapat berbeda-beda untuk proyek-proyek yang bervariasi,  maka  tidak  ada  metode  tunggal  untuk  menerapkan  analisis ekonomi  teknik  yang  ideal  untuk  semua  kasus.  Oleh  karenanya  beberapa metode biasanya dapat digunakan.
Pada bagian ini, pembahasan dikonsentrasikan pada pemakaian yang tepat  untuk  lima  metode  untuk  mengevaluasi  keuntungan  ekonomis  dari pemecahan usulan masalah tunggal (misalnya: alternatif). Metode terserbut dirasa dapat memecahkan masalah yang terjadi di proyek – proyek yang memiliki permasalahan yang berbeda tentunya berbeda pula alternatif yang akan digunakannya nanti. Lima metode dasar tersebut adalah:
     Present Worth (PW)
     Annual Worth (AW)
     Future Worth (FW)
     Internal Rate of Return (IRR)
     External Rate of Return (ERR)

             5.    EKONOMI TEKNIK DAN PROSES PERENCANAAN

Dasar-dasar perancangan atau penelitian kerja dan kaitannya dengan upaya peningkatan produktivitas
·      Penelitian kerja (methods engineering work design) adalah suatu aktivitas yang ditujukan untuk mempelajari prinsip-prinsip dan teknik-teknik guna mendapatkan suatu rancangan sistem kerja yang terbaik.
·         Prinsip dan teknik kerja ini digunakan untuk mengatur komponen-komponen sistem kerja (manusia,mesin,dll) sedemikian rupa sehingga dicapau tingkat efektivitas dan efisiensi kerja yang tinggi, yang diukur dengan waktu yang dihabiskan, tenaga yang dipakai serta akibat psikologis dan sosiologis yang ditimbulkan.

Prosedur 7 langkah pada prinsip - prinsip ekonomi teknik diatas juga digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam proses desain teknik.

Contoh Studi Kasus :
Pimpinan sebuah perusahaan pembuatan mebel diminta untuk menambah kemampuan laba agar mendapatkan pinjaman dari bank untuk membeli sebuah mesin pemotong pola yang lebih modern. Salah satu solusi yang diusulkan adalah menjual serpihan puing puing kayu untuk pembuatan arang.
Pertanyaan :a. Rumuskan masalah perusahaan tersebut.
                                b. Berikutnya rumuskan kembali masalah dalam berbagai cara kreatif.

Penyelesaian :
Masalah perusahaan muncul akibat penghasilan yang tidak mencukupi untuk menutupi biaya. Beberapa perumusan kembali dapat diusulkan, umpamanya :
1. Masalah untuk menambah penghasilan sambil menekan biaya.
2.Masalah untuk mempertahankan penghasilan sementara mengurangi biaya.
3. Masalah sistem akuntansi yang memeberikan informasi biaya yang salah.
4. Masalah bahwa mesin baru benar benar tidak perlu  (maka tidak perlu pinjaman dari bank).

Berdasarkan pada formulasi 1,  sebuah alternatif adalah menjual serpihan puing puing kayu sepanjang menambah penghasilan melampaui pengeluaran ekstra yang diperlukan untuk memanasi gedung dan pabrik. Alternatif lain adalah tidak meneruskan pembuatan mebel khusus dan memusatkan perhatian pada produk yang volume permintaannya tinggi. Masih ada alternatif lain yaitu, menyatukan pembelian, akuntansi, engineering dan layanan bantuan kerja sama dengan perusahaan kecil lain dengan bidang yang sama.
 
           6.      PENTINGNYA EKONOMI TEKNIK TERHADAP AHLI TEKNIK

§   Keputusan yang dibuat ahli teknik biasanya merupakan hasil dari pemilihan satu diantara beberapa alternatif.
§   Keputusan menunjukkan pilihan bagaimana sejumlah uang diinvestasikan dengan cara yang terbaik.
§   Sejumlah uang tersebut juga sebagai MODAL yg  jumlahnya biasanya terbatas.
§   Keputusan bagaimana menginvestasikan modal akan secara bervariasi memberikan perubahan di masa mendatang, dengan harapan akan lebih baik.


           7.     PERAN EKONOMI TEKNIK DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN

          ·  Ekonomi teknik adalah seperangkat alat yang membantu pengambilan keputusan  tetapi tidak dapat membuat keputusan untuk manusia.
       · Ekonomi teknik terutama didasarkan pada perkiraan kejadian di masa mendatang- harus berhubungan dengan resiko dan ketidak-pastian.

          8.      TAHAPAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN 

        Keputusan diambil berdasarkan prosedur dan proses yang sistematis serta terukur dengan tahapan proses sebagai berikut:
1. Mengidentifikasi atau memahami persoalan dengan baik.
                  2. Merumuskan tujuan penyelesaian masalah
                  3. Mengumpulkan data-data yg relevan
                  4. Klarifikasi, klasifikasi dan validitas kebenaran data yang terkumpul
                  5. Identifikasi atau pelajari alternatif pemecahan masalah yang  mungkin
                  6. Menetapkan kriteria pengukuran alternatif
                  7. Menyusun atau menyiapkan model keputusan
                  8. Melakukan evaluasi dan analisis terhadap semua alternatif yg disediakan
9. Mengambil keputusan sesuai dengan tujuan menerapkan atau mengimplementasikan   keputusan yg telah diambil.

   Dalam mengevaluasi beberapa alternatif yang tersedia, ekonomi teknik biasanya mempertimbangkan nilai uang terhadap waktu, estimasi pendapatan dan biaya, strategi keuangan, inflasi, depresiasi, ketidakpastian, pajak, undang-undang kebijakan, periode perencanaan, tingkat bunga modal, perhitungan nilai dan harga, hingga rate of return. Rate of return adalah seberapa besar tingkat pengembalian biaya setelah alternatif dilaksanakan.

         9.          PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN              

Seorang insinyur atau manajer selalu dihadapkan pada permasalahan pengambilan keputusan yang melibatkan lebih dari satu alternatif, setidaknya alternatif untuk melakukan sesuatu (do action) dan tidak melakukan sesuatu (do nothing). Untuk memperoleh alternatif terbaik, setiap alternatif tersebut harus dinilai dengan kriteria yang sama. Langkah-langkah pengambilan keputusan dapat dilihat pada gambar berikut:
            a)     Mengenali Masalah
John Dewey seorang filsuf Amerika mengatakan “Suatu masalah yang didefinisikan secara benar adalah masalah yang sebagian telah terselesaikan”. Itu berarti hanya masalah yang telah dikenali dengan benarlah yang berpotensi untuk diselesaikan. Masalah dapat dikenali oleh berbagai pihak terkait yang langsung berhubungan dengan hal-hal teknis.

Contoh beberapa masalah berikut cocok diselesaikan dengan analisis ekonomi teknis, identifikasi yang mana saja?
  1. Mana yang lebih baik membeli mobil bermesin disel atau bermesin bensin?
  2. Haruskah mesin otomatis dibeli untuk menggantikan tiga orang pekerja manual saat ini?
  3. Apakah bijak menjadwalkan kelas subuh untuk menhindari kemacetan di pagi hari?
  4. Apakah lebih baik anda pindah jurusan ke Teknik Listrik?
 b)   Menetapkan tujuan dan sasaran
 Masalah adalah situasi yang menghambat tercapainya suatu tujuan yang telah ditentukan. Di perusahaan masalah utama akan terkait dengan tidak tercapainya profit, dan masalah yang dihadapi para individu umumnya terkait dengan tidak tercapainya kepuasan. Tujuan-tujuan yang bersifat umum diatas seringkali diuraikan menjadi tujuan yang lebih sempit, spesifik, dan kuantitatif. Misalnya “perusahaan harus membuat 1000 unit produk bulan ini” atau “saya harus melunasi cicilan rumah tahun ini”adalah sasaran yang menggambarkan  tujuan.

c)    Menyusun data yang relevan
Keputusan yang baik adalah keputusan yang dibuat dengan memanfaatkan informasi tepat yang diperoleh dengan menyusun data yang akurat dan relevan. 

d)   Mengidentifikasi alternatif yang layak
Harus diyakini bahwa setiap masalah memiliki lebih dari satu alternatif solusi, yakini juga bahwa jika hanya terdapat satu-satunya solusi maka  itu tidak bisa disebut masalah. Dari sekian banyak cara penyelesaian masalah, hanya ada sebagian alternatif yang layak dipertimbangkan dengan demikian perlu kehati-hatian. Untuk memilih alternatif yang layak dapat dilakukan melalui proses urun rembuk (brainstorming), kemudian dibuat daftar alternatif yang layak dan yang tidak layak beserta dengan alasan-alasannya. 

e)    Menetapkan Kriteria Penilaian Alternatif
Alternatif terbaik dipilih dengan menilai berdasarkan kriteria tertentu, kata terbaik menunjukan bahwa penilaian pada dasarnya bisa bersifat kualitatif meliputi spektrum paling buruk – buruk – cukup – baik – lebih baik – paling baik, dengan demikian baik buruknya suatu alternatif akan bersifat relatif

f)    Membangun model keterhubungan
Pada tahap ini semua elemen yang telah diidentifikasi (yaitu tujuan, data dan informasi, alternatif potensial, dan kriteria) digabungkan. Hubungan dari elemen-elemen itu direpresentasikan menjadi model matematika yang menunjukan hubungan antara variabel.

g)   Memilih alternatif terbaik
Memilih alternatif terbaik berdasarkan kriteria yang ditetapkan, pengambilan keputusan ini harus dilakukan secara hati-hati dan diyakini bahwa solusi terbaik untuk masalah itu telah ditemukan.
 
h)   Audit pasca keputusan
Audit pasca keputusan penting dilakukan untuk menjamin apa yang diproyeksikan akan tercapai. Jika semua pihak yang terlibat dalam penyelesaian masalah itu menyadari bahwa rekomendasi mereka akan diaudit tingkat keberhasilannya maka mereka akan bekerja lebih realistis dan menghindari kesalahan yang akibat rasa optimis yang berlebihan.






Sumber:












Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.biz...^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 1. RISET OPERASI

(Artikel 1) Terminal 3 Soekarno-Hatta