(Artikel 2) Makanan Khas Payakumbuh



Makanan Khas Payakumbuh, Sumatera Barat

Kota Payakumbuh adalah sebuah kota di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota Payakumbuh terletak di daerah dataran tinggi yang merupakan bagian dari Bukit Barisan. Berada pada hamparan kaki Gunung Sago, bentang alam kota ini memiliki ketinggian yang bervariasi. Topografi daerah kota ini terdiri dari perbukitan dengan rata-rata ketinggian 514 m di atas permukaan laut. Wilayahnya dilalui oleh tiga sungai, yaitu Batang Agam, Batang Lampasi, dan Batang Sinama. Suhu udaranya rata-rata berkisar antara 26 °C dengan kelembapan udara antara 45–50%.Kota Payakumbuh sebagai kota persinggahan, menjadikan sektor jasa dan perdagangan menjadi sektor andalan. Namun sektor lain seperti pertanian, peternakan dan perikanan masih menjanjikan bagi masyarakat kota ini[11] karena didukung oleh keadaan tanahnya juga terbilang subur.Selain itu Payakumbuh merupakan sebuah kota yang memiliki banyak sekali keunggulan terutama di bidang kuliner, berikut makanan Khas Payakumbuh:





         Bareh Randang, merupakan olahan tepung beras yang disangrai hingga kering kemudian dicampurkan dengan cairan gula dan santan yang telah dimasak. Wujud dari hasil percampuran ini adalah gumpalan kalis berwarna putih dengan tekstur lunak tetapi memiliki permukaan kasar dan bercitarasa manis.





      Gulai Kambing, merupakan panganan khas payakumbuh yang diolah menggunakan daging kambing dan santan yang diberi bumbu tradisional yang mnjadikan hidangan ini menjadi sangat lezat dan harus dicoba.Untuk penderita darah tinggi dan kolesterol tidak disarankan mencoba makanan ini.



     Lemang Tapai, diolah dengan komposisi berikut: 500 gr beras ketan hitam,2 gelas air putih, 2 butir ragi tape, 2 Sdm gula halus.setelah semuanya diolahh masukkan adonan ke dalam bambu dan masaklah ketan berserta bahan lainnya hingga matang, ketan pun siap disajikan dengan tapainya.



           Sate Danguang-Danguang, nama itu diambil dari sebuah daerah di kota Payakumbuh. Makanan satu ini cocok dimakan saat udara mulai dingin, karena sate ini terbuat dari daging sapi asli dengan kuah kuning yang dihidangkan dalam keadaan hangat dan tentunya rasa dari makanan ini tidak perlu diragukan lagi.




Rendang Telur, selama ini banyak orang tau rendang terbuat dari daging, kali ini rendang juga diolah dengan bahan dasar telur yang kenikmatannya tidak kalah enak dari rendang daging, dengan harga yang jauh lebih ekonomis daripada rendang daging. Banyak lagi solusi dan aneka macam pengolahan rendang dengan bahan utama telur, maupun ketan dan lainnya.


Makanan diatas hanya sebagian kecil dari makanan khas yang ada di Payakumbuh yang saya rekomendasikan, masih banyak lagi makanan khas yang harus kalian coba dan nikmati di kota ini. Untuk itu ayo berkunjung ke Payakumbuh untuk menikmati dan berwisata kuliner di Ranah Minang ini. Kalian dapat mengunjungi kota ini dengan menempuh kurang lebih 3 jam perjalanan dari kota Padang yaitu ibu kota provinsi Sumatera Barat. Ditunggu ya kedatangannya!!!





Sumber:


Komentar

  1. POKER MULIA
    MAU DAPAT UANG TAMBAHAN?
    AYO GABUNG BERSAMA KAMI DI POKERMULIA
    Gampang Dapat Jackpotnya dan Gampang Banget Menangnya !!!
    Minimal Deposit / Withdraw cuma 20.000

    Yakin Gak Mau Coba ?
    https://goo.gl/mndDmh

    Menyediakan 7 Jenis Permainan TerFAVORIT
    Poker - Domino - Ceme - Capsa - Live Poker - Ceme Keliling - Superten
    Di Dukung 5 Bank Ternama di INDONESIA
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON

    Bonus Terbesar di POKERMULIA
    1. Bonus Refferal TANPA SYARAT/SEUMUR HIDUP
    2. Bonus Rollingan TIAP MINGGU/TERBESAR

    Selalu Ada Kejutan Untuk Member POKERMULIA
    Gabung Sekarang Juga dan Raih Kemenangan Puluhan Juta Setiap Hari !!!
    Buruan Daftar Dan Mainkan Sekarang Juga !!!

    CONTACT US :
    - Yahoo : POKERMULIA
    - Skype : POKERMULIA
    - LINE : POKERMULIA
    - BBM : D3F98F26
    - No Hp : +85593842699

    POKER | DOMINO | LIVE POKER | CEME | CAPSA SUSUN | CEME KELILING | SUPER TEN

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 1. RISET OPERASI

(Artikel 1) Terminal 3 Soekarno-Hatta