(Artikel 9) 9 Khasiat rutin minum susu unta



9 khasiat rutin minum susu unta




Susu unta adalah susu yang dihasilkan dari unta. Susu unta telah menjadi budaya dan penunjang hidup Suku Badui nomaden di kawasan timur tengah sejak seribu tahun yang lalu. Susu unta merupakan makanan pokok Suku Badui. Para penggembala unta dapat hidup dengan hanya meminum susu unta ketika menggembalakan unta dalam waktu dan jarak yang panjang untuk mencari lokasi penggembalaan di padang pasir.

Susu unta memiliki kandungan vitamin, mineral, dan imunoglobin yang tinggi. Namun seperti hewan penghasil susu lainnya, komposisi susu unta bergantung pada spesies unta dan makanannya. Unta baktrian menghasilkan susu yang memiliki lebih banyak kandungan lemaknya dibandingkan susu unta dromedari, namun secara volume, unta dromedari menghasilkan susu lebih banyak.
Susu unta memiliki kandungan laktosa 4.46 gram per 100 gram susu, yang lebih rendah dibandingkan susu sapi yang memiliki 5.26 gram per 100 gram. Kandungan berbagai mineral seperti kalium, magnesium, besi, tembaga, mangan, natrium, dan seng lebih tinggi pada susu unta dibandingkan pada susu sapi. Kandungan lemak dan proteinnya juga lebih tinggi dibandingkan susu sapi.berikut khasiat rutin minum susu unta:


Mengatasi Penyakit TBC
Ada banyak penelitian tentang khasiat susu unta dalam menyembuhkan tuberculosis atau penyakit TBC. Susu unta merupakan merupakan agen antibakteri dan antivirus yang kuat yang membantu membersihkan tubuh dari serangan mycobacterium tubercoli.

Mencegah Terjadinya Diabetes
Manfaat susu unta berikutnya adalah mencegah terjadinya penyakit diabetes atau penyakit kencing manis. Susu Unta merupakan agen anti-diabetes yang efektif. Kandungan protein yang terdapat dalam susu unta sama dengan protein yang membantu dalam mengurangi efek dari diabetes bersama dengan agen lain yang juga membantu dalam mengendalikan dan mencegah diabetes. Selain itu, kandungan insulin yang juga terdapat dalam susu unta dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

Mencegah Penuaan
Susu unta juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya penuaan. Susu unta memiliki kandungan senyawa asam alfa hidroksil-yang membantu mencegah keriput dan menghaluskan garis-garis halus pada kulit wajah, yang merupakan beberapa tanda tanda yang paling umum dari terjadinya penuaan.

Baik Untuk Penyakit Alergi
Beberapa orang biasanya sensitif terhadap alergen seperti pilek, serbuk sari atau makanan tertentu. Sebuah Penelitian yang dilakukan  pada anak-anak yang minum susu unta menunjukkan bahwa mereka pulih sepenuhnya dari alergi  tanpa memberikan efek samping. Susu unta juga mengandung immunoglobulin yang efektif dalam memerangi alergi.

Sumber Antioksidan
Susu unta juga baik dalam mensuplai senyawa antikosidan yang diperlukan oleh tubuh kita. Antioksidan adalah salah satu zat yang paling efektif dalam melawan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan penyakit kritis seperti kanker dan juga pigmentasi. Dengan mengkonsumsi susu unta kita dapat terhindar dari stres oksidatif dan juga membantu dalam mengendalikan efek dan gejala kanker.
Menjaga sistem kekebalan tubuh

Susu unta mengandung antibodi dan imunoglobulin yang dapat memperkuat daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit dan datangnya partikel asing ke dalam tubuh. Fungsi dasar dari imunoglobulin adalah melindungi tubuh dari gangguan autoimun, alergi, dan beberapa ancaman dari infeksi bakteri, jamur, dan virus. Minum susu unta setiap hari bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
 
Membatu perkembangan pada anak autisme

Tesis penelitian Dr. Yosef Shabo dan Dr. Reuven Yagil menjelaskan susu unta yang tidak mengandung beta-kasein dan beta-laktoglobulin, diketahui tidak merugikan penderita autisme. Sebaliknya, imunoglobulin dan protein yang terkandung di dalamnya dapat membantu perkembangan otak. Susu unta membantu peningkatan anak-anak autis dalam hal ketrampilan berkomunikasi dan fungsi otak. "Memang belum ada studi ilmiah, sehingga kami juga tidak berani mengklaim. Tetapi saya hanya mendengarnya dari orang-orang yang sudah mencobanya. Susu unta disebutkan memiliki manfaat antiperadangan yang baik untuk otak," kata Walid Abdul-Wahab, perwakilan pemilik peternakan unta di California.

Sebagai suplemen kesehatan dan obat penyakit pernafasan

Susu unta dapat digunakan untuk membersihkan darah, menyuburkan tubuh yang kurus, memberikan efek tenang, menghilangkan rasa waswas, ragu dan penyakit risau. Jika susu unta diminum dengan madu, maka susu ini bisa membersihkan kotoran perut yang bercampur dengan sisa makanan. Jika dicampur gula, maka ia bisa mengkilatkan dan memperindah warna kulit, menyembuhkan penyakit sesak, paru-paru dan TBC. Susu unta bisa memperhalus, memperlancar, dan membuka sesuatu yang tertutup pada sistem pencernaan serta bagus untuk menghilangkan rasa haus.

Sebagai obat tradisional bangsa arab

Bangsa Arab tradisional menggunakan susu unta untuk mengobati berbagai penyakit seperti cacar, luka, sakit gigi, gangguan pencernaan dan keracunan. Menurut mereka, susu unta yang paling susu bagus untuk dijadikan obat adalah susu yang keluar setelah empat puluh hari melahirkan. Yang paling baik adalah yang berwarna putih pekat, harum baunya, lezat rasanya, rasa manis yang sedang, lemak seimbang, tidak terlalu kental, diperah dari unta sehat, berbadan seimbang, diberi pakan dan minuman yang baik.

Beberapa ahli melalui penelitian-penelitiannya mengungkapkan bahwa susu unta bermanfaat dalam mencegah penyakit jantung. Minum susu unta juga bermanfaat dalam mengatasi permasalahan seksual seperti impotensi dan kurangnya libido. Dengan segudang nutrisi yang terkandung di dalamnya, susu unta merupakan salah satu minuman kesehatan terbaik bagi orang yang menderita kekurangan gizi.




sumber:
http://oleh-oleh-haji.com/post/5-manfaat-susu-unta-bagi-kesehatan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 1. RISET OPERASI

(Artikel 1) Terminal 3 Soekarno-Hatta