( Artikel 10 ) Magdeburg Water Bridge
Magdeburg Water Bridge
Jembatan adalah salah satu alat transportasi
yang digunakan untuk melewati aliran air sungai, dan lainnya. Jembatan biasanya
digunakan oleh manusia dan itu sangat wajar, tapi tidak di Jerman. Jembatan di
negara ini dirancang dan dibangun khusus untuk mengalirkan air kanal untuk
melintasi sungai lain di bawahnya. Sangat aneh dan unik sekali, karena ada
sungai yang menglir dan dibawah sungai ada sungai lagi yang mengalir, yahh
sangat membingungkan ada sungai diatas sungai.
Jembatan kanal Magdeburg (bahasa Jerman: Wasserstraßenkreuz Magdeburg) gagasan
awalnya pada tahun 1919 kemudian pada tahun 1938
dibuatkan rangcang bangun
akan tetapi tertunda dengan adanya Perang Dunia II dengan dibangunnya Jembatan kanal Magdeburg
ini menandakan menyatukan kembali wilayah ex Jerman Barat dengan wilayah
ex Jerman Timur dan berfungsi sebagai penghubung alur perlayaran yang
menghubungkan pelabuhan di Berlin dengan pelabuhan-pelabuhan yang ada pada sepanjang sungai Rhine dengan kedua sisidari jembatan ini terbuka bagi
pengunjung pejalan kaki dan pengendara sepeda. konstruksi dimulai tahun 1997
dan selesai pada tahun 2003 untuk rekayasa pengimbangan perbedaan ketinggian air antara kanal
Mittelland dengan kanal Elbe-Havel adalah sebuah jembatan sepanjang 918 m (690
m di atas tanah dan 228 m di atas permukaan air) dengan kedalam 4,25 m dan
lebar mangkuk 34 m mempunyai 106 m maksimum span serta menggunakan sekitar 68
000 m3 beton dan 24 000 ton baja yang memungkinkan adanya pelayaran dari kanal Mittelland
melewati kanal Elbe-Havel
di Elbe hingga kedaerah industri Ruhr.
Jembatan ini dibangun persis diatas sungai Elbe,bahkan jembatan air ini adalah
rekor jembatan terpanjang di dunia.
Komentar
Posting Komentar