( Artikel 6 ) 10 Cara Meningkatkan Kreativitas Diri



10 Cara Meningkatkan Kreativitas Diri


Kreativitas adalah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh individu/ seseorang untuk memahami keadaan/dunia, dalam menginterprestasikan pengalaman dan memecahkan masalah dengan cara yang baru dan asli (membuat/ menciptakan suatu hal yang baru yang bermanfaat ).
Berikut ini adlah kriteria-kriteria kreativitas :

- Sensitivity to problems, yaitu kreativitas dilihat dari kepekaan terhadap masalah yang muncul.
- Originality, yaitu pemecahan masalah dengan cara baru, bukan meniru pemecahan     masalah orang lain.
- Breadth, yaitu ketepatan dalam pemecahan masalah dan berguna.
- Ingenuity, yaitu adanya kecerdikan dalam pemecahan masalah.
- Recognity by peers, yaitu adanya pengakuan dari kelompoknya tentang penemuannya. karena kreativitas merupakan hasil dari proses berpikir kreatif yang dilakukan oleh seseorang, sehingga Berpikir kreatif sangat erat hubungannya dengan kreativitas.

Kreativitas sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang terutama pendidikan dan pekerjaan. Dengan memiliki daya kreativitas yang tinggi ditambah lagi seseot=rang itu dapat merealisasikannya ide dan kreativitasnya dengan baik maka hal baru akan tercipta dengan baik. Oleh karena itu saya akan memberikan 10 cara meningkatkan kreativitas diri yang sangat mudah dilakukan di kehidupan sehari-hari.




1. Amatilah sesuatu yang dikenal

Amatilah sesuatu kurang lebih 10 menit, dan gambarkan kembali apa yang Anda ingat. Tujuannya adalah untuk melatih dan mempertajam ingatan Anda. Jangan berhenti pada visualisasi saja lho, semua indera juga dapat membantu Anda dalam membangun kreatifitas karena smua indera yang ada pada diri kita memperoleh masukan sepanjang hari. Ingat, membangun kreatifitas berarti mempertajam pikiran, dan itu berarti juga meningkatkan kepekaan pengindraan pada diri kita.

2. Carilah sumber inspirasi

Kreativitas pada dasarnya merupakan suatu keterampilan dan itu dapat anda pelajari dan tentu saja untuk mempelajari suatu kreativitas, anda harus menemukan sumber kreativitas itu sendiri. Sumber inspirasi untuk meningkatkan kreativitas dapat berasal dari berbagai sumber, seperti dari kondisi lingkungan disekitar anda , dari orang-orang, berbagai macam obyek, internet, bahkan anda diri anda sendiri bisa menjadi sumber motivasi. Dari sumber insirasi tersebut, coba anda kembangkan menjadi ide-ide baru yang lebih baik dan menarik agar diri anda tidak terlalu bergantung pada sumber inspirasi tertentu saja.

3. Buatlah komitmen pada diri anda

Buatkan komitmen pada diri anda untuk meningkatkan kreativitas pada diri anda tentu saja anda perlu komitmen dengan diri anda. sisihkan beberapa menit atau beberapa jam sehari utuk mengembangkan kreativitas anda dan tetapkan tujuan anda dalam proses tersebut. Jangan lupa bertanya atau minta bantuan teman atau seseorang dalam engembangkan kreativitas anda.

4. Perbanyak wawasan anda

Perbanyaklah wawasan anda dalam meningkatkan kreativitas Jika anda ingin meningkatkan kreativitas,cobalah untuk fokus mencari sumber inspirasi sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda ingin meningkatkan kreativitas dalam bidang photografi, tentiu saja anda perlu membaca majalah-majalah photografi, bergabung dengan group photografi, pergi ke tempat perkumpulan photografi dan sebagainya. Benamkan diri anda dan fokus untuk mendapatkan informasi baru.

5. Dengarkan musik

Mendengarkan musik mungkin terdengar agak aneh bagi sebagian orang, tetapi ternyata mendengarkan musik dapat meningkatkan kreativitas seseorang. Jika anda menyukai tipe musik yang tenang untuk memperoleh inspirasi,cobalah mendengarkan musik tipe klasik dan pasti jika musik tersebut sesuai dengan irama jiwa anda, maka pikiran anda akan lebih kreatif. Pada dasarnya setiap orang pasti akan berbeda cara untuk mencapai dirinya agar lebih kreatif. Jika anda merasa diri anda belum kreatif, cobalah beberapa saran diatas dan temukan cara ang
tepat sehingga anda menjadi lebih kreatif dibandingkan sebelumnya.

6. Pejamkan mata dan biarkan pikiran mengembara

Berkhayal juga bisa menghasikan ide, dengan cara membiarkan alam tak sadar Anda mengerjakan sesuatu dan biarkan pikiran anda mengembara akan dapat menjadi sangat efektif.

7. Ambillah sudut pandang orang lain

Untuk poin ini didasarkan atas andaikata. Artinya, Anda mencoba untuk menempatkan diri pada posisi orang lain untuk mengetahui reaksi seseorang atas tindakan yang Anda ambil.

8. Melakukan curah-gagasan

Dengan melakukan curah-gagasan atau bahasa kerenya brainstorming dapat memudahkan Anda untuk mendapatkan banyak gagasan dengan cepat. Proses ini berlandaskan anggapan bahwa sekelompok orang yang bekerja bersama dibawah pimpinan yang baik dapat memunculkan jauh lebih banyak ide dan kemungkinan daripada bekerja masing-masing.

9. Belajar menjadi seorang inovator yang baik

Anda harus selalu mencari, menyesuaikan dan mengimplementasikan ide-ide, baik yang baru maupun yang lama. Anda dapat melakukannya dengan membaca, survei, penelitian atopun diskusi.

10. Ubahlah kebiasaan dan citra diri

Untuk bisa seperti itu, jadilah orang yang progresif, kembangkanlah atribut-atribut dan motivasi yang di butuhkan. Tuangkanlah ide Anda dalam bentuk tulisan dan terimalah perubahan dan tantangan suatu masalah dengan tangan terbuka ato bahasa machonya with arm open dengan begitu biasakanlah berpikir terbuka dan fleksibel





Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 1. RISET OPERASI

(Artikel 1) Terminal 3 Soekarno-Hatta